Resensi

Alegori Binatangisme

(Radar Surabaya, 12 April 2015)
animal farm-resensi
Di sebuah Peternakan Manor, sekawanan binatang ternak merencakan pemberontakan. Hal ini diinisiasi oleh seekor babi tua, Major yang mati sebelum pemberontakan terjadi. Pemberontakan ini didasari para binatang dalam peternakan tersebut merasa dijadikan ‘sapi perah’ Tuan Jones si pemilik. Binatang-binatang hanya dimanfaatkan tenaga, telur, susu, daging untuk kebutuhan manusia. Karena manusia adalah satu-satunya makhluk yang mengonsumsi tanpa menghasilkan. (hal.6) Para binatang ini menghendaki hidup bebas di kaki sendiri, bekerja untuk diri sendiri, tanpa memberi upeti kepada manusia.

Inisiatif babi tua Mayor, dilanjutkan oleh para babi lainnya. Pemberontakan dipimpin Napoleon dan Snowball dipicu karena paceklik musim panas, yang memaksa para binatang mendobrak lumbung pangan dan melakukan pemberontakan. Hingga binatang-binatang itu berhasil mengusir keluarga Pak Jones dan mengubah Peternakan Manor menjadi Peternakan Binatang, di bawah kendali Napoleon dan Snowball.

Para binatang ini mendirikan sebuah koloni yang bercita-cita ingin hidup sendiri tanpa campur tangan manusia yang hanya memanfaatkan para binatang. Binatangisme sebuah nilai yang diciptakan para binatang dengan mengedepankan bahwa semua binatang dalam Peternakan Binatang sama, punya tanggung jawab kerja sama, dan cita-cita hidup makmur sendiri. Dan tujuh nilai binatangisme menjadi asas Peternakan Binatang itu.

Namun, kekuasaan diam-diam melenakan Napoleoon. Dan dengan sikap culas, menyingkirkan Snowball si babi cerdik yang mencita-citakan beridirnya sebuah kincir angin untuk melistriki Peternakan Binatang. Snowball menyingkir, dan muncullah pemimpin tunggal Napoleon yang lebih menyukai fasilitas berlebih.

Alegori dan Simbolisasi Binatang

Novel yang melambungkan nama George Orwell pada tahun 1945, menerima tanggapan luar biasa karena dinilai menyindir sistem sosialisme Stalin di Rusia. Beberapa hal dalam novel ini menjadi simbol sosialisme. Sikap babi Napoleon yang memimpin kelompok Peternakan Binatang merasa harus dispesialkan dibandingkan binatang yang lain. Padahal salah satu butir dalam 7 asas binatangisme adalah semua binatang setara. (hal.24)

Napoleon mulai berpindah ke dalam rumah, tidur di ranjang, minum alkohol, minta jatah gandum lebih, mendirikan sekolah khusus babi-babi muda, memakai pakaian manusia, memberi penghormatan untuk dirinya sendiri, dan mulai berjalan dengan dua kaki seperti manusia. Napoleon juga meminta kawalan anjing dan barisan ayam yang berkokok sebagai tanda kedatangan Napoleon.

Sosok penjilat Squealer, babi, menjadi pemulus dominasi Napoleon. Sebenarnya banyak binatang merasa kepemimpinan Napoleon tidak jauh berbeda dengan sikap Pak Jones. Napoleon babi gemar makan dan malas bekerja. Namun setiap ada perlawan, nasib para binatang berakhir dengan kematian. Panggilan kamerad menjadi simbol sosialisme. Di sinilah Animal Farm sedang menguliti kejinya sosialisme.

Napoleon bersikap kejam terhadap seekor kuda tua, Boxer, yang selalu berpikir positif kepada Kamerad Napoleon. “Aku akan bekerja lebih keras” dan “Kamerad Napoleon selalu benar” adalah slogan Boxer yang dibawa Napoleon ke pemotongan binatang tua.

Sepanjang novel, sindiran satir dan alegorisme terasa sangat menampar. Sosok babi pemalas dan gemar makan menjadi simbol seorang pemimpin sosialisme kejam. Seluruh penghuni Peternakan Binatang menerima saja sikap si babi dan menjadi budak sosialisme. Maka kejamnya manusia sama dengan babi. Makhluk-makhluk di luar memandang dari babi ke manusia, dari manusia ke babi; tetapi mustahil mengatakan mana yang satu dan mana yang lainnya.(*)

Advertisements

One thought on “Alegori Binatangisme

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s